Site icon TRAX

Jadi ghostwriter? Menyenangkan nggak ya?

Radio Anak Muda_Ghostwriters

Untuk kamu yang baru mendengar istilah ghostwriter, mungkin terdengar masih tabu. Bukan, di sini kita nggak membahas bagaimana serunya jadi penulis cerita misteri.

Ghostwriter yang dimaksud adalah seseorang yang tugasnya menulis materi untuk orang lain. Nantinya, nama yang akan menjadi penulisnya adalah orang tersebut. Bisa dibilang kita berkarya untuk kepentingan orang lain.

Bukan hanya berkarya, kita juga harus bertanggung jawab atas materi yang akan diterbitkan, meskipun nama penulis bukan nama kita. Di era millennial saat ini, profesi sebagai ghostwriter cukup menjanjikan lho.

Ya, dengan menjadi ghostwriter untuk orang terkenal seperti influencers, artis, penyanyi, blogger, dan profesi lainnya bisa cukup menguntungkan karena kita bisa mendapatkan uang dari mereka.

Ghostwriter bertugas membuat berbagai karya tulis, misalnya novel, posting blog, membuat lirik lagu, bahkan dapat bertugas membuat status sosial media dari orang terkenal yang seakan-akan ditulis langsung oleh orang tersebut.

Jasa ghostwriter memang sangat dibutuhkan oleh beberapa influencers atau artis. Apalagi, jika mereka super sibuk dengan segudang aktivitasnya, namun mereka tetap ingin keep in touch dengan penggemar atau followers-nya.

Jangankan membuat novel tentang perjalanan hidupnya, punya waktu untuk membalas komentar saja susah. Inilah pentingnya jasa ghostwriter bagi kehidupan mereka. Artis, influencers, blogger, dan banyak public figure lainnya, pastinya merahasiakan keberadaan ghostwriter.

Tentunya karena mereka nggak mau kalau status di sosial media, buku dan lirik yang diterbitkan atas namanya ketahuan dikerjakan oleh orang lain alias ghostwriter. Jadi, profesi ini cukup rahasia, ya!

Namun, jangan lantas kita menilai kalau semua public figure menggunakan jasa ghostwriter. Masih ada lho, seleb, blogger, atau influencers yang menulis bukunya, status dalam sosial media, dan posting blog mereka sendiri tanpa dibantu oleh siapapun.

Menjalani sebuah pekerjaan, ada suka dan dukanya juga. Sama halnya menjadi ghostwriter.

Sukanya, kita bisa mendapatkan penghasilan dari membuat karya untuk orang ternama, ada perasaan bangga ketika tulisan atau karya kita dilihat orang lain.

Dukanya, harus rela ketika karya yang setengah mati kita buat, dipublikasikan atas nama orang lain. Ketika karya tersebut melejit begitu hebat, kita nggak boleh mengaku-ngaku bahwa itu karya kita, ingat kalau profesi ini adalah profesi rahasia.

When you have a deal, you have to accept all the consequences and remember guys, you get paid to do it.

Gimana, berani coba?

Source: Cosmo Girl

Jangan kelewatan berita-berita terkini lainnya seputar dunia film, musik, dan entertainmentStreaming terus Trax FM di sini!

Baca juga:
Ini 4 rekomendasi merek miniatur untuk fotografi
Hal-Hal yang perlu diperhatikan sebelum belanja online
8 film Korea terbaik sepanjang masa yang wajib kamu tonton

Exit mobile version