Site icon TRAX

Inilah Daftar Pekerjaan yang Paling Dibutuhkan di Masa Depan

Inilah Daftar Pekerjaan yang Punya Paling Dibutuhkan di Masa Depan

Anak Trax, menurut laporan dari World Economic Forum (WEF) yang berjudul Future Jobs Report 2020, bakal ada 85 juta jenis pekerjaan yang berpotensi tergantikan dalam lima tahun kedepan.

Meski begitu terdapat juga pekerjaan serta kemampuan yang paling dibutuhkan dalam beberapa tahun ke depan. CEO dan Co-Founder perusahaan edtech Cakap Tomy Yunus bilang kalau saat ini perusahaan kebanyakan menggunakan teknologi dalam menjalankan bisnisnya. Lalu, apa saja pekerjaan yang paling dibutuhkan di masa depan? Simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

1. Data Analyst atau Data Scientist

Pekerjaan ini sangat penting bagi perusahaan dalam memberikan keputusan bisnis untuk mengembangkan perusahaannya. Pekerja data analyst harus bisa menggunakan berbagai aplikasi dan program pengolahan data dalam seperti Microsoft Excel, Tableau, dan SQL.

2. Artificial Intelligence (AI) dan Machine Learning Specialist

Artificial Intelligence (AI) merupakan kecerdasan buatan dalam komputer untuk meniru cara berpikir manusia untuk menyelesaikan sebuah pekerjaan. Peran AI telah membantu berbagai industri dalam mengefisiensi bisnis serta memberikan kepuasan dalam pelanggan.

Nah, salah satu bagian dari AI adalah machine learning yang mengacu pada software dan hardware. Machine learning membutuhkan algoritma buat ngumpulin dan menganalisis data dalam jumlah, volume, dan skala besar.

3. Big Data Specialist

Pada zaman teknologi saat ini sangat bergantung dengan penggunaan big data dalam membangun bisnis. Big Data Specialist punya peran penting dalam mengambil dan mengolah data yang berguna bagi manajemen perusahaan untuk menciptakan pemecahan masalah sekaligus solusi bisnisnya.

4. Digital Marketing dan Specialists

Untuk mempromosikan bisnis perusahaan demi mendapatkan revenue (pendapatan) sebagai hasilnya. Digital marketing merupakan peran yang paling tepat dan relevan dalam mempromosikan suatu produk atau jasa di mana masa sekarang setiap masyarakat telah bergantung pada aktivitas online.

Orang yang punya keterampilan digital marketing bakal paham bagaimana menggunakan tools digital marketing dalam membantu proses pemasaran bisnisnya.

5. Business Development Specialist

Business Development berperan untuk menumbuhkembangkan bisnis lewat berbagai macam strategi. Seperti B2B (Business to Business), B2C (Business to Customer), B2G (Business to Government), dan lain-lain. Business Development punya kaitannya dengan sales executive, yang punya tujuan sama yakni untuk memperoleh revenue bagi perusahaan.

Baca Juga: J-Hope Jadi Anggota BTS Pertama yang Merilis Album Solo

Tertarik untuk mengambil profesi di atas Anak Trax?

 

Penulis: Fadia Syah Putranto

Exit mobile version