Site icon TRAX

Ini 4 album terbaik tahun 2016

Radio Anak Muda_best album

Tahun ini kita memang sering kali dikejutkan dengan sejumlah perilisan album yang juga memberi kita sebuah pertunjukan besar, sebut saja Beyoncé, Radiohead, Drake, Rihanna, Kanye West, dan masih banyak lagi.

Jadwal perilisan tradisional juga telah membawa kekayaan musik dari hard-rhyming hip-hoppers, buzzy indie-punks, penulis lagu country up-and-coming, para veteran Hall of Fame, dan banyak lagi.

Dilansir dari Rollingstone, inilah beberapa album terbaik dari awal tahun hingga sekarang.

  1. Beyoncé, Lemonade

A photo posted by Beyoncé (@beyonce) on

Keseluruhan album Lemonade berisi tentang perselisihan yang emosional, bercerita tentang krisis perkawinan yang dihadapi selebriti paling terkenal di dunia itu.

Hal ini juga merupakan pernyataan pribadi yang dilontarkan oleh Beyoncé.

Album keenam Bey yang rilis pada 23 April 2016 ini meraih peringkat pertama saat debut perilisannya dalam US Billboard 200. Berhasil menjual 485.000 copies di minggu pertamanya, membuat ibu dari Blue Ivy ini berhasil meraih peringkat pertama 6 kali berturut-turut di Amerika.

Berisi 13 tracks, Bey juga mengajak beberapa penyanyi lain untuk berkolaborasi bersama, seperti James Blake, Kendrick Lamar, The Weeknd, dan Jack White.

Dalam Grammy Awards 2017 yang diselenggarakan pada 12 Februari nanti, Lemonade mendapatkan 9 nominasi, diantaranya Album of the Year, Best Urban Contemporary Album, dan Best Music Film. Single andalannya “Formation” juga meraih nominasi Record of the Year, Song of the Year, dan Best Music Video.

Selanjutnya —> Kanye West, The Life of Pablo

2. Kanye West, The Life of Pablo

The Life of Pablo merupakan sebuah album yang sangat kacau yang memang sengaja dibuat untuk maksud tertentu.

Berisi 20 tracks, Kanye menumpahkan semua kekhawatiran hidupnya melalui setiap lagu dalam album ketujuhnya ini. Ia takut publik akan mengatakannya suami yang lemah (“FML”), menjadi anak yang merasa bersalah (“Wolves”), orang yang penuh kepalsuan dan manipulatif (“Real Friends”), ayah yang jauh dengan anaknya (“Father Stretch My Hands, Pt. 2”), dan semua hal lain yang ia khawatirkan.

Rilis pada 14 Februari 2016, The Life of Pablo menjadi album ketujuhnya yang mendapat peringkat pertama dalam Billboard 200 dan menjadi album pertama yang mendapatkan streaming terbanyak, serta berhasil menjual 28.000 copies. Rilis secara eksklusif melalui Tidal, berkat album ini, Tidal mendapatkan lonjakan subscribers dan The Life of Pablo meraih 250 juta streams dalam 10 hari pertama. Bahkan dalam 3 hari pertama setelah rilis, album ini sudah 500.000 kali di download secara ilegal.

Selanjutnya —> David Bowie, Blackstar

3. David Bowie, Blackstar

A photo posted by David Bowie (@davidbowie) on

Diproduksi bersama dengan kolaborator lama Tony Visconti dan para musisi Jazz yang berbasis di New York, lagu yang dikelilingi oleh arctic electronics, Blackstar memang mencerminkan sebuah tekstur yang aneh.

Album ini merepresentasikan perputaran Bowie yang jauh dari keglamoran legenda pop sejak albumnya di tahun 1977, Low.

Visconti pun mengatakan album ke-25 sekaligus album terakhirnya ini menjadi hadiah perpisahan untuk para fansnya. Blackstar menjadi satu-satunya album Bowie yang meraih posisi teratas di Billboard 200 dan menjadi nomer 1 di Billboard UK selama 3 minggu berturut-turut.

Blackstar dirilis bersamaan dengan ulang tahun Bowie yang ke-69 tahun, 2 hari sebelum ia meninggal karena kanker liver yang sudah dideritanya. Album ini juga menjadi satu-satunya album yang tidak menggunakan fotonya sebagai cover.

Selanjutnya —> Rihanna, Anti

4. Rihanna, Anti

A photo posted by badgalriri (@badgalriri) on

Anti merupakan album kedelapan dari penyanyi asal Barbados, Rihanna yang rilis pada 28 Januari 2016.

Riri mulai merencanakan recording sejak tahun 2014, di mana ia meninggalkan label Def Jam dan bergabung dengan Roc Nation.

Berisi 16 tracks, Anti tersedia secara gratis untuk di download melalui Tidal dan dirilis juga berbayar melalui online music store.

Anti bertahan di posisi pertama dalam US Billboard 200, dengan sebanyak lebih dari 166.000 copies berhasil terjual di minggu pertamanya.

2 hari setelah rilis, Anti meraih 2016 Midyear Best Top Certified Album dari Recording Industry Association of America (RIAA) setelah sebelumnya meraih double platinum.

Samsung juga telah membeli 1 juta copy album Anti yang dibayar di muka, untuk kemudian Samsung menyediakannya secara free untuk di download.

Gimana, Anak Trax? Album mana yang paling kamu suka?

Jangan kelewatan berita-berita terkini lainnya seputar dunia film, musik, dan entertainment! Streaming terus Trax FM di sini!

[teks Devina Dea, Anak Trax dari Binus University / sumber rollingstone.com | foto factmag.com]

Baca juga:
Kembali, Joey Alexander jadi nominator Grammy Awards 2017
Girls Auto Clinic, bengkel khusus wanita!
Yuk, intip trailer film Underworld 5: Blood Wars!

Exit mobile version