Site icon TRAX

Influencer Yang Gak Cantumin Label Foto Editan Di Medsos Dianggap Ilegal Di Norwegia

Influencer Yang Gak Cantumin Label Foto Editan Di Medsos Dianggap Ilegal Di Norwegia

Seberapa sering sih lo Anak Trax kalau kalau foto-foto di media sosial pake filter atau editan? Kalau Di Norwegia, foto editan atau yang ngegunain filter harus nyantumin keterangan khusus, lho. Kalau gak, hal ini bakal dianggap sebagai tindakan ilegal.

Peraturan baru diberlakukan di Norwegia yang mengharuskan influencer yang ingin mengupload foto-fotonya di media sosial yang telah di edit atau ngegunain filter harus ada keterangannya. Hal ini diberlakuin karena ngekhawatirin berdampak terhadap kesehatan mental dari para pemuda di Norwegia.

Kesempurnaan yang ditampilin oleh para influencer atau artis lewat foto editan mereka membuat rasa cemas serta depresi yang dialami terhadap kesehatan mental anak muda. Terbukti, pada tahun 2017, Royal Society for Public Health Inggris menemukan bahwa media sosial Instagram telah berdampak pada penurunan mental anak muda akibat rasa gak percaya diri.

Pemerintah Norwegia sendiri sangat memperhatikan terhadap isu kesehatan mental. Apalagi mereja juga telah nyiptain undang-undang yang mewajibkan para influencer di Norwegia untuk mencantumkan keterangan khusus untuk foto-foto media sosial mereka yang sudah di edit atau menggunakan filter.

Apalagi hal ini dilanggar, maka akan dianggap sebagai tindakan ilegal dan dapat dikenai hukuman serta denda berat.

Gak cuma influencer, pemberlakuan foto editan juga berlaku bagi iklan yang nampilin segala jenis perubahan pada bentuk, ukuran atau warna kulit tubuh.

Baca Juga : Jungkook BTS jadi Idol K-Pop Paling Dicari Di Google dan Youtube

Kira-kira perlu juga gak nih Anak Trax peraturan seperti ini di Indonesia?

 

Penulis : Rifqi Fadhillah

Exit mobile version