Site icon TRAX

Harper Lee: To Kill a Mockingjay Bird

Seorang kulit putih pembela bagi seorang kulit hitam

Buku ini bercerita tentang kehidupan single parent, seorang pengacara lokal di Maycomb County bernama Atticus Finch. Atticus seorang duda yang memiliki dua orang anak, yakni putra pertamanya, Jem Finch [Jem] dan putrinya, Jean Louise Finch [Scout]. Mereka hidup dan tinggal dipemukiman tua, di pinggiran Alabama, Amerika Serikat.

Atticus adalah seorang ayah bijak yang terlampau menyayangi kedua anaknya. Keluarga mereka seperti menganut kehidupan tipikal keluarga Amerika pada masa resesi Amerika di tahun 1930-an. Masa-masa yang diketahui sebagai Great Depression tersebut menjadi keadaan yang serba berkecukupan di Maycomb County, permukiman di mana tempat tinggal keluarga Atticus.

Putranya Jem merupakan anak laki yang beranjak remaja. Ia selalu berusaha untuk selalu melindungi adiknya. Sedangkan putri kecilnya, Scout Finch merupakan gadis cilik yang selalu ingin tahu. Ia bocah cerdas dan kritis yang selalu bermaja-manja di hadapan ayahnya. Scout tidak pernah ragu untuk bertanya ini itu kepada siapapun yang ditemuinya dan tidak ragu untuk melakukan kekerasan ketika tersudut.

Pusat cerita pada masalah yang harus dihadapi keluarga kecil itu ketika Atticus ditunjuk menjadi pembela bagi seorang kulit hitam yang didakwa telah melakukan tindak pidana memperkosa seorang gadis kulit putih.

Namun, apakah Atticus dapat memenangkan kasusnya dan dapat menyelamatkan kliennya si Negro yang diancam hukuman mati? Jawabannya kalian cari tahun sendiri ya, Anak Trax!

Di atas merupakan secuil dari cerita To Kill Mockingjay Bird. Novel ini ditulis oleh Harper Lee dan diterbitkan pada tahun 1960. Cerita yang dibuat oleh Harper ini merupakan cerita yang didasari dari pengamatannya terhadap keluarga, tetangga, dan peristiwa yang terjadi disekitarnya, ketika Lee berusia 10 tahun.

Novel ini terkenal karena bahasanya yang hangat dan penuh humor meskipun isu-isu yang dibahas merupakan isu serius seperti pemerkosaan dan diskriminasi ras. Sebuah kritik menjelas.

Pada tahun 1962, buku ini diadaptasi menjadi film dengan judul yang sama dengan arahan sutradara Robert Mulligan, dan berhasil mendapatkan piala Oscar. Pada tahun 1990, drama yang didasarkan pada cerita buku ini dimainkan secara rutin di Monroeville, Alabama yang merupakan kampung halaman sang penulis, Harper Lee.

Baru-baru ini, To Kill A Mockingbird dinobatkan menempati peringkat teratas dan buku best seller. «[teks @nandyaBachtiar]

Exit mobile version