Site icon TRAX

Hal-Hal yang perlu diperhatikan sebelum belanja online

Radio Anak Muda_belanja

Belanja online memang memudahkan kita dalam melakukan transaksi. Selain nggak perlu keluar rumah, biasanya toko online sering punya penawaran khusus yang lebih murah dibandingkan offline store.

Everything seems simple, tapi, ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan saat belanjaonline. Pay attention to these 5 things supaya aktivitas belanja online-mu jadi lebih mudah dan aman!.

1. Cari tahu si penjual

Saat belanjaonline, nggak mau kena tipu, dong? Perhatikan dengan teliti penjual yang akan kita hubungi. Kalau kamu berbelanja di Instagram, coba lihat followers-nya.

Walaupun sekarang jasa beli followers sudah lazim, tapi coba perhatikan foto mereka. Lihat berapa banyak yang like, biasanya kalau yang like sedikit, ada kemungkinan besar toko online tersebut membeli followers.

Saat mengamati si penjual, perhatikan juga post dan interaksi di bagian komen Instagram apakah aktif, atau justru lebih banyak hashtag daripada interaksi antara pembeli dan penjual.

Perhatikan juga testimoni atau komentar pembeli lain yang biasanya diunggah si penjual di Instagram-nya.

Last thing to do? Langsung hubungi si penjual! Jangan terburu-buru dalam melakukan transaksi, coba tanyakan secara jelas dan terperinci mulai dari asal barang, harga dan kondisi barang. Take your time!

2. Biaya pengiriman

Walaupun belanja online menawarkan diskon dan harga yang lebih murah, jangan lupakan biaya kirim! Apalagi kalau kamu berbelanja dari situs luar negeri. Kadang-kadang, biaya kirim justru hampir menyamai harga barang yang kamu beli.

Jangan lupakan juga pajak masuk yang harus kita bayar kalau kita membeli barang super banyak dari luar negeri. Pokoknya, pastikan kamu tahu betul berapa biaya yang harus kamu bayar. Kalau misalnya nggak sesuai dengan budget-mu, jangan ragu untuk cari toko onlinelain!

3. Bandingkan beberapa toko

Sebelum membeli, selalu ingat bahwa masih banyak toko online yang akan menjual barang yang serupa (atau bahkan sama)! Jadi, bandingkan harganya. Menghemat 1000 Rupiah saja sudah lumayan, lho! Siapa tahu selain lebih murah, penjual di toko sebelah ternyata lebih ramah dan sabar. You never know sebelum kamu bertanya, kan?

Beda toko beda juga rules-nya. Selain mencari harga yang termurah, kamu juga harus mencari toko online yang memberikan banyak keuntungan, misalnya program cicilan, atau program garansi atau barang bisa diantar langsung ke rumahmu.

4. Hati-hati dengan data pribadi

Kamu perlu ekstra hati-hati dalam bertransaksi menggunakan kartu kredit. Pastikan kamu membeli barang dari situs toko online yang sudah terpercaya. Penipuan kartu kredit is a real thing dan bisa terjadi pada siapa saja.

Cek lagi apakah link yang kamu klik adalah link yang benar. Halaman yang terlalu banyak iklan atau banyak pop-up ads yang aneh patut dicurigai, girls! Pilihan pembayaran lain bisa kamu coba adalah Paypal.

5. Cek aturan tentang garansi dan tukar barang

Tanyakan pada penjual jika terjadi kerusakan pada barang yang kamu beli, apakah kamu boleh menukarnya atau apakah kamu boleh mendapatkan uang kamu kembali. Hal ini penting karena belanja online membuat kita nggak bisa mengecek langsung kondisi barang. Supaya nggak kecewa, tanyakan dulu soal ini, yuk!

Source: Cosmo Girl Indonesia

Jangan kelewatan berita-berita terkini lainnya seputar dunia film, musik, dan entertainment! Streaming terus Trax FM di sini!

Baca juga:
PesanTrax Kilat: Tips berolahraga dari Dhika
Lihat nih kolaborasi panas Justin Bieber & model seksi
Marvel rilis trailer resmi superhero baru Black Panther

Exit mobile version