Site icon TRAX

Demi Pulihkan Warisan Budaya, RM BTS Berdonasi Rp 1 Miliar

Demi Pulihkan Warisan Budaya, RM BTS Berdonasi Rp1 Miliar

Selama dua tahun berturut-turut, leade grup K-Pop BTS, RM kembali berdonasi 100 juta won atau sekitar Rp1 miliar untuk melestarikan dan memulihkan budaya Korea di luar Korea Selatan.

Melansir dari laporan Yonhap pada Kamis (15/9/22), Overseas Korean Cultural Heritage Foundation, sebuah yayasan budaya yang dikelola negara bilang kalau penyanyi yang bernama asli Kim Nam-joon itu baru-baru ini menyumbangkan uang tersebut.

Menurut yayasan itu, RM meminta supaya dana sumbangan digunakan untuk melestarikan, memulihkan sekaligus bisa untuk memanfaatkan aset budaya Korea di luar negeri. Donasinya kali ini menandai kedua kalinya RM menyumbangkan 100 juta won kepada yayasan yang berafiliasi dengan Cultural Heritage Administration (CHA).

Di tahun lalu, RM menyumbangkan dengan jumlah uang yang sama, namun enggak banyak orang tau soal donasinya kala itu. Overseas Korean Cultural Heritage Foundation udah bekerja dengan Los Angeles County Museum of Art (LACMA) buat melestarikan “hwarot”.

Hwarot sendiri merupakan jubah pengantin dari Dinasti Joseon (1392-1910) yang dimiliki oleh museum AS dengan uang yang disumbangkan oleh musisi itu tahun lalu. Hwarot juga merupakan pakaian tradisional Korea yang dipakai selama era Joseon.

Uniknya jubah itu cuma dipakai sama perempuan dari kerajaan untuk acara-acara seremonial dan kemudian dikenakan oleh rakyat jelata untuk pernikahan. Para ahli bilang, jubah pengantin yang masih ada sekarang berjumlah sekitar 40 item.

Baca Juga: First Look D.O EXO Sebagai Jin Jung di Teaser Drama Bad Prosecutor

Sekitar 10 item juga diketahui berada di luar Korea Selatan. Hwarot yang dimiliki oleh LACMA diperkirakan berasal dari awal abad ke-20.. Yayasan menambahkan bahwa pakaian itu akan dipajang di Seoul pada tahun depan dan di LACMA pada 2024.

 

Penulis: Fadia Syah Putranto

Exit mobile version