Site icon TRAX

5 Cara Instan Mengurangi Stress

Source : nicholasferguson.org

Terlalu banyak pekerjaan, tekanan dari atasan atau banyak pikiran adalah beberapa contoh yang membuat kita menjadi stress

Terkadang stress memang sulit untuk dihindari, tapi bukan berarti tidak bisa dikurangi dalam sekejap. Berikut cara-cara instan yang dapat dilakukan untuk mengurangi stress :

Penelitian di University of Chicago menunjukkan, menuliskan hal-hal yang menimbulkan rasa cemas dapat membantu menjernihkan pikiran dan membantu kita lebih fokus pada apa yang harus kita lakukan. “Ketika seseorang sedang cemas, ia menghabiskan energi yang sebenarnya bisa dipakai untuk mengerjakan tugas lain. Dengan menuliskan hal-hal yang mencemaskan, rasa cemasnya bisa dikurangi,” kata Profesor Sian Beilock, peneliti studi tersebut.

Salah satu penyebab utama dari stress adalah terlalu banyaknya hormon Endorfin yang berkumpul di dalam tubuh. Hormon ini bisa dilepaskan saat kita melakukan olahraga/gerakan-gerakan kecil. Tidak perlu olahraga yang sampai mengeluarkan keringat tiap hari, beres-beres rumah atau sesekali berjalan-jalan kecil di kantor sudah dapat melepas endorfin yang cukup banyak.

Stress juga terjadi karena otak kita terlalu banyak bekerja untuk berpikir sesuatu yang mencemaskan. Sebenarnya kita bisa mengendalikan atau memberikan sugesti pada otak untuk meyakinkan diri kalau semua baik-baik saja dan akan berusaha semampunya untuk menyelesaikan semua masalah yang dihadapi.

Menurut Health.com, selain cara-cara diatas, mendengarkan musik dapat mengalihkan perasaan cemas dan juga melepas hormon endorfin, menonton film, membaca, dan memasak juga mempunyai efek yang sama.

Merawat tanaman yang kita tumbuhkan sendiri dapat membuat pikiran kita lebih tenang dan mengalihkan pikiran kita dari kecemasan. Beberapa warna dan wangi dari tanaman tertentu dapat membuat kita lebih relaks dan jernih dalam berpikir

Exit mobile version