Site icon TRAX

Cara bikin teman berhenti mem-bully kita

Radio Anak Muda_Bully

Hemh, risih nggak sih kalau di sekolah atau kampus punya teman yang hobi banget mencela kita apapun yang kita lakukan. Mungkin sekali dua kali, kita masih bisa memaklumi. Tapi, kalau sudah terlalu sering? Kita harus menghentikannya!

1. Katakan padanya kalau kita terintimidasi

Dapat dikatakan, bullying adalah perilaku untuk membunyikan kekurangan si pembully, makanya dia memilih mencela orang lain. Untuk mengatasinya, kita harus berani berkata kalau kita tidak nyaman dengan perbuatannya dan kita merasa apa yang ia lakukan cukup mengintimidasi.

2. Hindari orang tersebut

Langkah selanjutnya untuk menghentikan kebiasaan teman yang suka mem-bully adalah menghindari orang tersebut. Semakin jarang dia melihat kita, semakin kita terhindar dari kebiasaan dia mem-bully kita.

3. Laporkan pada pihak sekolah atau kampus

Perilaku bully nggak bisa dimaafkan! Tindakan ini akan terus berlanjut jika dibiarkan. Oleh sebab itu, mintalah pertolongan guru BP atau dosen psikolog tentang tindakan bully yang teman lakukan pada kita. Mereka memiliki cara terbaik untuk menegur si pembully.

4. Cobalah hobi baru

Cobalah beberapa hobi baru atau lakukan hal yang kamu sukai. Kita bisa berpartisipasi dalam kegiatan positif yang dapat menambah kepercayaan diri serta memberi kesempatan untuk mendapatkan teman baru yang punya minat yang sama. Dengan bergaul dengan yang memiliki minat yang sama, kita akan meminimalisir orang-orang yang hobi mencela kita.

5. Abaikan

Kalau si pembully sudah nggak bisa menghilangkan kebiasaan buruknya, hal lain yang bisa kita lakukan adalah mengabaikannya. Pembully, paling senang kalau orang yang di bully melakukan respon, jadi jika kita mendapatkan perlakuan bully, jangan menanggapi dia lagi ya. So ignore it!

Source: Cosmo Girl Indonesia

Jangan kelewatan berita-berita terkini lainnya seputar dunia film, musik, dan entertainmentStreaming terus Trax FM di sini!

Baca juga:
Echosmith kembali lewat lagu terbaru, ‘Goodbye’
Jangan kasih k3ndor bareng tim K III dari JKT48!
Stephanie Kulow, hijab ballerina nomor 1 di dunia

Exit mobile version