Site icon TRAX

BTS Dibolehin Konser Sama Pemerintah Korsel Meski Lagi Wajib Militer

Keringanan bakal didapetin oleh para member BTS terkait wajib militer yang harus dijalani oleh setiap pemuda di Korea Selatan. Hal ini diputusin oleh Menteri Pertahanan Korea Selatan (Korsel) Lee Jong-sup, yang ngizinin BTS tetap nampil meski sedang menjalani wajib militer.

Wajib militer yang diterapin oleh pemerintah Korea Selatan bagi pemuda berusia di bawah 30 tahun, menjadi momok tersendiri bagi BTS. Terlebih personil tertua BTS, yakni Jin yang berusia 29 tahun diwajibin daftar wamil tahun depan atau beresiko bisa masuk penjara.

Namun, kini pemerintah Korea Selatan nyiapin solusi agar para idol K-pop bisa tampil di panggung selama mereka menjalani wajib militer. Menteri Pertahanan Korsel, Lee Jong-sup bilang kalau pemerintah bakal bantu BTS tetap tampil meski sedang wamil.

“Setelah pertimbangan, kementerian pertahanan nasional telah menyimpulkan bahwa departemen dapat membantu mereka (BTS) berlatih dan tampil untuk keuntungan nasional tanpa melanggar prinsip-prinsip keadilan dan kesetaraan,” kata Lee Jong Sup di majelis nasional, dikutip dari Allkpop.

Jin BTS sendiri beberapa waktu lalu sempat bilang kalau dirinya diminta oleh negara buat wajib militer.

“Sebagai pemuda Korea Selatan, saya percaya wakin militer adalah hal yang wajar. Dan seperti yang selalu saya katakan, saya akan menjawab panggilan negara kapan pun itu datang,” kata Jin pada 2020.

DI Korea Selatan, pengecualian wajib militer diberi kepada beberapa atlet elit, seperti peraih medali Olimpiade, serta musisi klasik. Namun, hal ini gak berlaku bagi bintang pop yang gak memenuhi syarat.

 

Penulis: Rifqi Fadhillah

Exit mobile version