Site icon TRAX

Belajar Menjadi Dubber Bersama Tommy di Skuldesak

Tommy 14

Para Trax Ambassador nggak cuma jadi tau tentang dubbing, tapi juga praktek langsung.

Ada yang berbeda di Skuldesak hari ini (20/07/2012), selain Trax Ambassador Show ada juga segmen Trax Ambassador Class. Di segmen ini, Trax Ambassador akan diajak untuk melakukan satu hal yang mungkin belum pernah mereka coba sebelumnya.

Kali ini Anka-Leo dan teman-teman Trax Ambassador kedatangan seorang dubber bernama Tommy! Tommy udah lama banget aktif di bidang dubbing atau pengisian suara. Profesinya ini dimulai dari pelatihan dubbing yang dulu pernah dia ikuti di Sanggar Prativi seperti workshop dan masih banyak lagi. Nah, pengalaman pertama Tommy mengisis suara itu adalah waktu temannya membuat iklan dalam bentuk animasi dan butuh orang untuk mengisi suara karakternya. Jadilah Tommy yang men-dubbing karakter tersebut.

Waktu ditanya tentang alasan kenapa memilih profesi sebagai dubber, Tommy cerita kalau bekerja sebagai dubber itu seru. Dubber nggak hanya sekedar mengisi suara tapi menghidupkan karakter biar jadi nyata dan nggak sekedar animasi. Tommy menambahkan, sama seperti kata animasi itu sendiri yang diambil dari kata ‘anima‘ yang berarti jiwa, dubber pun memberikan jiwa pada karakter animasi tersebut. Nah, buat menghasilkan suara yang aneh-aneh, Tommy mengembangkan sendiri dan mencoba berbagai suara.

Yang paling berkesan memang ia pernah mengisi suara untuk banyak karakter sekaligus. Hal ini jugalah yang dipraktekkan Tommy dalam Trax Ambassador Class siang ini. Dalam salah satu kisah, Tommy mempraktekkan mengisi suara untuk beberapa karakter sekaligus, tetapi terdengar berbeda dan seperti tidak berasal dari satu orang yang sama. Trax Ambassador juga nggak ketinggalan. Mereka juga diajarkan untuk men-dubbing karakter. Pertama sebagai narator dulu untuk pemanasan, kemudian mulai masuk karakter, belakangan Tommy nggak ikut serta dan Trax Ambassador yang dibiarin mencoba sendiri. 

Seru ya! Kita tungguin aja apa ya kira-kira yang akan dipelajari para Trax Ambassador di Trax Ambassador Class?

Exit mobile version