Site icon TRAX

Beberapa lagu hits ini ternyata pernah berganti judul!

Radio Anak Muda_Beyonce

Yang namanya judul sudah pasti sangat penting, entah itu judul lagu, judul film, sampai judul skripsi pun sama pentingnya. Karena dari sebuah judul saja bisa berpengaruh dalam ketertarikannya. Secara teori, judul harus original agar gampang diingat, dan merepresentasikan isi lagunya dengan baik.

Judul yang unik juga bisa bikin si lagu dan penyanyinya jadi memorable. Jika mendengar atau membaca “Viva La Vida” yang pasti langsung inget sama Coldplay dong. Nah coba kalo ditanya, “Let Me Love You” tuh lagunya siapa sih? Kalian pasti bakalan bingung, karena ada tiga musisi yang punya judul lagu sama persis, Justin Bieber, Ariana Grande dan Ne-Yo. Kesimpulannya, judul sebuah lagu emang super penting.

Banyak hal yang harus dipertimbangkan sebelum membuat judul lagu. Nggak sedikit juga musisi yang terpaksa mengubah judul lagunya karena berbagai alasan. Dari mulai supaya nggak bikin bingung, nggak sudah pasaran, masalah legal, hak cipta, sampai gara-gara alasan-alasan berikut ini nih!

1. “Flawless” – Beyoncé

Judul aslinya: “Bow Down / I Been On”

Alasan diganti: Sebelum resmi dirilis, Beyoncé sudah membocorkan judul lagunya adalah “Bow Down / I Been On”. Tapi lirik utamanya yang berbunyi “Bow down, b*tches” jadi kontroversi di kalangan feminis, yang menganggap kalo lagu itu nggak mencerminkan feminisme yang selama ini selalu digembar-gemborkan Beyoncé. Akhirnya demi mengalihkan perhatian dari liriknya yang kontroversial, judul lagunya pun diubah menjadi “Flawless”.

2. “Hymn For the Weekend” – Coldplay

Judul aslinya: “Drinks On Me”

Alasan diganti: Menurut sang vokalis, Chris Martin, waktu dia lagi ngedengerin lagunya Flo Rida, tiba-tiba dia kepikiran kalo Coldplay bisa bikin party anthem juga. Akhirnya dibikinlah sebuah lagu dengan judul “Drinks On Me”. Tapi waktu dia ngasih ide ini ke Guy Berryman, Jonny Buckland, dan Will Champion, mereka semua nggak setuju. Alasannya, karena lirik dan judul “drinks on me” nggak cocok buat fans Coldplay.

Akhirnya, dengan musik yang sama, liriknya pun diubah dari “drinks on me” jadi “drink from me“, yang merepresentasikan ‘the idea of having an angelic person in your life‘. Konsep lagunya yang tadinya party anthem berubah jadi lebih spiritual dan diberi judul baru, “Hymn For the Weekend”.

3. “Cold” – Kanye West

Judul aslinya: “Theraflu”, lalu “Way Too Cold”

Alasan diganti: Setelah merilis judul lagunya, sebuah perusahaan bernama Theraflu mengkritik Kanye karena menggunakan nama brand mereka. Buat menghindari gugatan hukum, sang rapper akhirnya mengganti judul lagunya menjadi “Way Too Cold” serta mengganti album artwork-nya juga.

Tapi kayaknya keputusannya itu diambil kecepetan, soalnya nggak lama setelah rilis judul dan album artwork yang baru, Kanye West mengubah lagi dari “Way Too Cold” menjadi “Cold” saja.

4. “Gentleman” – Psy

Judul aslinya: “Assarabia”

Alasan diganti: Walaupun “Assarabia” tuh sebenernya adalah istilah Korea Selatan untuk mendeskripsikan sesuatu yang memuaskan, Psy takut kata-kata itu salah diinterpretasikan dan dianggap menyinggung komunitas Arab.

Akhirnya “Assarabia” diubah menjadi “Gentleman”. Bukan cuma judulnya aja yang berubah, tapi lirik di dalam lagunya juga ikutan berubah.

5. “Work From Home” – Fifth Harmony

Judul aslinya: “Work”

Alasan diganti: Satu penyebabnya, yaitu Rihanna. Dalam sebuah wawancara dengan Billboard, salah satu personil Fifth Harmony, Dinah Jane mengatakan kalo sebenarnya judul asli lagu mereka adalah “Work”.

Tapi sebelum dirilis, tiba-tiba saja Rihanna dan Drake lebih dulu merilis lagu kolaborasi mereka dengan judul yang sama. Akhirnya supaya nggak tertukar, Fifth Harmony terpaksa nambahin kata-kata from home’ di judul lagunya.

Wah! Baru tau yaa, Anak Trax! Ternyata beberapa lagu hits ini pernah mengalami beberapa perubahan yaa. Gimana menurut kalian, lebih cocok judul yang baru apa yang sebelumnya?

[teks Rivat Adi Mulya, Anak Trax dari Binus University |  foto kickkicksnare.com]

Jawab benar semua pertanyaan #KuisBerentet, kamu bisa dapat uang 30 juta rupiah! Gimana caranya? Dengerin terus dong 101.4 Trax FM Jakarta –> Web Streaming!

Baca juga:
Ready to We The Fest 2017?
Cerita Alika tentang single terbarunya di Trax FM
Ada kejutan dari Baby Groot di film Guardians of the Galaxy Vol.2

Exit mobile version