Site icon TRAX

Astronaut, Cita-Cita Masa Kecil yang Harus Punya Pendidikan Tinggi

Astronaut, Cita-Cita Masa Kecil yang Harus Punya Pendidikan Tinggi

Anak Trax, adakah diantara elo yang sewaktu kecil bercita-cita ke luar angkasa alias jadi antronaut? Profesi tersebut ternyata harus punya pendidikan tinggi lho!

Mengutip dari situs Badan Penerbangan dan Antariksa (NASA), seseorang yang pengen jadi astronaut ternyata harus punya gelar magister di bidang ilmu terkait seperti fisika, kimia, biologi, ilmu komputer, teknik dan matematika.

Perlu diketahui, para astronaut NASA banyak yang bekerja sebagai ilmuwan di Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS). Laboratorium itu mengorbit Bumi sekitar 240 mil di atas permukaan planet. Kegiatan Astronaut ialah melakukan eksperimen ilmiah seperti penelitian kanker inovatif dan penelitian tentang tubuh manusia dan hidup di luar angkasa.

Enggak cuma itu, buat astronaut setiap individu harus punya setidaknya dua tahun pengalaman profesional terkait yang diperoleh setelah menyelesaikan gelar, atau setidaknya 1.000 jam waktu pilot-in-command di pesawat jet.

Kandidat astronaut juga harus punya banyak keterampilan khussnya dalam bidang kepemimpinan, kerja sama tim dan komunikasi. Sebelumnya pada 1959 astronaut pertama kali yang menjalankan misi ke luar angkasa ialah personel militer. Namun personel itu memiliki pengalaman menerbangkan pesawat jet dan latar belakang teknik.

Selain itu, kandidat harus juga menyelesaikan program Doctor of Medicine atau Doctor of Osteopathic Medicine (Kedokteran spesialis Osteopati atau manipulasi tulang, otot, dan sendi).

Baca Juga: Festival We All Are One K-Pop Concert Ditunda Sampai Januari 2023

Sebagi informasi, Pratiwi Sudharmono adalah astronot asal Indonesia yang hampir mengikuti misi NASA pada 1986. Namun, Pratiwi gagal berangkat karena NASA ngebatalin misi tersebut usai terjadi kecelakaan pada pesawat Challenger 28 Januari 1986.

Gimana Anak Trax, ada enggak nih yang masih bercita-cita sebagai astronaut?

 

Penulis: Fadia Syah Putranto

Exit mobile version