Site icon TRAX

Algorithma Bisa Tentukan Suatu Lagu Akan Jadi “HIT”

algorithma

telegraph.co.id

Sukses atau tidaknya suatu lagu ternyata bisa dihitung lewat algorithma

Bagaimana bisa? Music Intelligence Solutions Hit Song Science or HSS yang dimiliki situs uPlaya.com bisa melakukannya. Untuk yang belum pernah mendengarnya, teknologi ini bisa menganalisa pola-pola algorithma yang ada di suatu lagu seperti harmoni, variasi chord dan juga lirik. HSS akan sangat berguna untuk artis baru yang ingin karya cepat dikenal khalayak ramai.

Pada dasarnya Music Intelligence Solutions Hit Song Science akan membandingkan algorithma yang dimiliki lagu yang sebelumnya sudah menjadi “HIT” dari berbagai genre dan bahasa. Setelah dibandingkan akan menghasilkan score yang dapat menentukan apakah lagu baru ini akan sukses atau tidak. Jika suatu lagu mendapatkan nilai 7.00 atau lebih, lagu tersebut kemungkinan akan sukses di pasaran. Lagu-lagu yang sudah memakai HSS 80% diantaranya sukses menjadi lagu yang “Hit”. Sementara untuk lagu yang tidak menggunakan HSS hanya 10% yang sukses di pasaran. Salah satu artis yang berhasil karena teknologi ini adalah Norah Jones. Dia berhasil menciptakan lagu-lagu “hit” yang sudah sering sekali kita dengar di berbagai media.

CEO David Meredith Music Intelligence Solutions mengatakan “Dengan adanya teknologi ini diharapkan tidak ada lagi musik bagus yang “tidak terdengar” oleh subyektifitas suatu label”. Music Intelligence Solutions Hit Song Science menjadi solusi yang tepat untuk produser musik ataupun sang artis sendiri. Produser pasti ingin membuat suatu lagu yang “booming” di masyarakat. Sementara untuk para artis, mereka jadi lebih mudah untuk menentukan lagu mana yang dipilih untuk jadi “single” yang akan di pasarkan.

Nah, buat Anak Trax yang lagi berjuang di blantika musik Indonesia, silahkan di cek situsnya. Good luck, Anak Trax!

Exit mobile version