Site icon TRAX

17 Pulau Riung: Bukti keindahan alam Ngada, Flores

Wisata-laut-17-Pulau-Riung

Tahukan Anak Trax kalau taman laut 17 Pulau Riung adalah salah satu keindahan alam Ngada yang memukau, dan terletak di Kabupaten Ngada, Flores, Nusa Tenggara Timur.

Di mana lagi kamu bisa menyaksikan gugusan pulau-pulau yang besar dan kecil terhampar memanjang dari Toro Padang di sebelah barat hingga Pulau Pangsar di sebelah Timur. Kereen kali ya kalau selfie di sana!

Keindahan alam yang masih asli dan tidak dihuni manusia ini adalah karena akses menuju 17 Pulau Riung ini cukup rumit untuk dilalui. Hanya turis mancanegara yang sering terlihat di tempat ini untuk menikmati keindahan alam Flores.

Untuk menuju pulau yang sunyi ini, kamu harus menempuh jalan yang jauh, menantang, dan melewati bukit-bukit yang berlipat-lipat. Adapun rute perjalanan yag merupakan jaringan pariwisata nasional yaitu Bali – Lombok – Labuanbajo – Kelimutu – Riung.

Jika menggunakan pesawat rutenya dari Jakarta – Surabaya – Denpasar ke Maumere atau ke Ende, dan melanjutkan perjalanan dengan bus atau mobil sewaan, menempuh jarak 72 kilometer dari Bajawa atau sekitar 4 jam.

Perjalanan yang melelahkan akan terbayar dengan pemandangan yang memukau, lho! Mata seolah dihiasi dengan kerumunan bukit tundra hijau yang ditumbuhi beberapa pohon lontar dan memiliki keindahan sendiri.

Di balik kesunyiannya terdapat wisata laut yang spektakuler. Tempat ini adalah kumpulan pulau-pulau kecil yang terdiri dari 20 lebih pulau-pulau yang indah, tetapi disebut 17 karena angka 17 sakral bagi negeri kita ‘hari kemerdekaan Indonesia‘ agar mudah untuk diingat.

Adapun pulau-pulau yang menghiasi 17 Pulau Riung ini adalah:

1. Pulau Ontoloe [terbesar]
2. Pulau Pau
3. Pulau Borong
4. Pulau Dua
5. Pulau Kolong
6. Pulau Lainjawa
7. Pulau Besar
8. Pulau Halima atau Pulau Nani
9. Pulau Patta
10. Pulau Rutong
11. Pulau Meja
12. Pulau Bampa atau Pulau Tampa/Pulau Tembang
13. Pulau Tiga atau Pulau Panjang
14. Pulau Tembaga
15. Pulau Taor
16. Pulau Sui
17. Pulau Wire

Bukan hanya bawah laut yang memesona, tetapi tebaran pulau-pulau besar kecil menjadi pemandangan yang menakjubkan di 17 Pulau Riung, dan ini harus dicoba! «[teks Yossie Benayoun | foto indonesia.travel]

Exit mobile version