Site icon TRAX

10 cara WAJIB coba untuk bersihin sneakers putih kamu!

Radio Anak Muda_sneakers

Sneakers putih emang udah jadi andalan anak muda jaman sekarang, selain emang lagi hits, sneakers putih bisa dengan mudah di mix n match dengan berbagai gaya fashion.

Tapi, musim hujan gini, takut dong sneakers kamu jadi kotor! Mau tau gimana cari bersihin sneakers putih kamu biar selalu bersih? Yuk lihat di bawah ini!

Sabun dan air 
Cara simple untuk bersihin sneakers kamu, apalagi yang bahannya karet dan kanvas. Tinggal campurkan sedikit sabun dengan air, gunakan spons basah untuk menyeka kotoran yang ada di sepatu. Nah, sambil nunggu kering, isi sepatu dengan kepalan kertas supaya bentuk sepatu tetap oke walau dibiarkan semalaman.

Deterjen pencuci piring atau shampoo
Kalau kamu nggak punya sabun khusus, kamu bisa pakai deterjen pencuci piring atau shampoo yang nggak kalah ampuhnya!

Ajaibnya penghapus
Kalau nggak punya sabun atau shampoo juga? Kamu bisa buka kotak pensil dan cari penghapus kamu!

Cairan pembersih serbaguna dan tisu dapur
Seperti sabun dan air, teknik ini nggak dianjurkan untuk sepatu berbahan leather trainers. Tapi, cara ini ampuh banget untuk menghilangkan noda lecet yang susah banget hilang.

Pasta gigi dan sikat gigi
Kalau pasangan ini bisa membersihkan kotoran pada gigi, masa kotoran di sepatu nggak bisa? Perpaduan sikat gigi dan pasta gigi memberikan hasil menjanjikan untuk memoles sneakers kamu jadi bersih dan putih kembali! Caranya, sikat sepatu di bawah pancuran air, kemudian basuh perlahan dengan lap bekas.

Semir sepatu
Barang yang satu ini juga nggak kalah ampuh, yaitu semir sepatu. Kalau bisa, pilih yang warnanya netral. Sebelumnya, kamu harus coba dulu membersihkannya di bagian sepatu yang tersembunyi supaya kamu bisa membandingkan kalau ada perbandingan warna.

Kalau sesuai, gosok polish tersebut ke sepatu dengan gerakan melingkar. Kemudian, sama seperti yang kamu lakukan dengan sepatu sekolah, gunakan kain bersih atau sikat khusus untuk memoles sepatu. Kalau nggak polishpetroleum jelly juga bisa jadi alternatif, lho!

Pemutih
Ini adalah pilihan terakhir karena pemutih bersifat korosif. Kalau nggak ada jalan lain, kamu bisa coba cairkan satu bagian pemutih dan pisahkan jadi beberapa bagian, lalu gunakan sikat gigi untuk menyikatnya. Diamkan sebelum kamu bilas secara menyeluruh. Inget yaa, jangan lupa pakai sarung tangan karet dan celemek untuk melindungi pakaian kamu.

Jangan lupakan tali sepatu
Kalau sneakers kamu udah berhasil jadi bersih, jangan lupa sama talinya! Lepaskan dari sepatu dan cuci di air sabun hangat. Kamu tinggal angin-anginkan aja sampai kering.

Jangan pernah pakai mesin cuci dan pengering
Selain merusak mesin cuci kamu, cara ini hampir dipastikan akan merusak sepatu dan temperatur panas pengering juga bisa membuat karet sepatu yang awalnya putih jadi menguning.

Mencegah
Kalau kamu lebih memilih mantra “mencegah lebih baik daripada mengobati”, lupakan benda-benda di atas dan cari water repellent untuk digunakan di sepatu kamu. Kalau sepatu kamu berbahan kulit, kamu harus ekstra melindungi sepatu dari sinar matahari langsung karena sinar matahari dapat membuat kulit sepatu menghitam.

Nah, gimana Anak Trax? Mau coba cara yang mana nih?

[Editor Sekar Retno Ayu / sumber Cosmopolitan Indonesia | foto gearmoose.com]

Baca juga:
5 KPop idol yang memilih keluar dari groupnya
Louis Tomlinson rilis single terbaru “Just Like You”
Pamer status baru, Joe Jonas dan Sophie Turner tunangan!

Exit mobile version