Ini nih penyebab bau mulut saat berpuasa

Ini nih penyebab bau mulut saat berpuasa

39

PROBLEM :

BAU mulut menjadi kondisi yang terjadi saat orang menjalani puasa ramadan. Tetapi, buat sebagian orang hal ini sangat menyebalkan dan membuat kepercayaan diri turun. Alhasil, akhirnya tak sedikit orang yang melakukan gerakan tutup mulut atau irit ngomong.

SOLUSI:

Menurut drg. Ciptahadi Oka Binarta, M. Biomed, dari FK Gigi Universitas Trisakti Jakarta, bau mulut terjadi karena produksi air liur di dalam mulut menjadi berkurang, yang menyebabkan bau mulut atau yang disebut juga halitosis.

Tapi, bau mulut tidak hanya bisa timbul akibat kurangnya produksi air liur. Melainkan juga dapat disebabkan oleh beberapa penyakit tertentu, seperti penyakit lambung, sistemik pada liver, saluran pernapasan, dan ginjal. Jadi, pastikan dulu apakah bau mulut yang kamu alami masih tergolong wajar atau tidak.

Selain penyakit dalam tersebut, bau mulut juga disebabkan oleh masalah kesehatan gigi dan gusi kamu, seperti gigi berlubang, radang gusi, karang gigi, dan periodontitis.

Mengatasi kondisi tersebut, langkah pertama yang perlu kamu lakukan ialah menjaga kesehatan gigi dan gusi kamu. Caranya, dengan menyikat gigi dan lidah minimal 2 kali sehari, rutin memeriksa ke dokter gigi 6 bulan sekali, jangan merokok, dan jauhi alkohol.

Setelah itu, usahakan konsumsi buah-buahan yang bagus untuk mengusir bau mulut, seperti apel, bengkuang, dan wortel. Tapi, kalau kamu ingin cara instan menghilangkan bau mulut karena kondidisi mendesak, kamu dapat mengunyah permen mint.

Permen dapat memberikan aroma yang dominan di mulutmu sehingga bau mulut bisa tertutupi seketika. Namun, cara ini sifatnya sementara ya.

Selain permen, kamu juga bisa menggunakan mouthwash (obat kumur) untuk mengusir kuman kuman penyebab bau mulut sehingga bau mulutmu bisa hilang seketika. Tapi, kamu juga harus tepat memilih obat kumur yang sesuai dengan masalah penyebab bau mulutmu.

Source: Her World Indonesia